Minggu, 12 Juni 2011

Karya wisata mahasiswa semester II Program Studi MPLK

Karya wisata mahasiswa program studi manajemen pertanian lahan kering (MPLK) semester II berlangsung pada hari Selasa 7 Juni 2011. Karya wisata tersebut merupakan kegiatan praktek lapang terpadu dari beberapa mata kuliah yaitu:
1. Klimatologi Pertanian
2. Agroekosistem Pertanian
3. Pengelolaan Air Pertanian
4. Dasar-dasar Ilmu Ternak



Turut serta sebagai dosen pendamping: Magfira Syarifuddin (Klimatologi Pertanian), Nimrot Neonufa (Pengelolaan air pertanian dan agroekosistem pertanian), Welly Pello (dasar-dasar ilmu ternak). dan teknisi adalah : Bambang Sutrisno dan Yoseph Ruma


Kegiatan berlangsung di dua tempat, yaitu Stasiun Meteorologi Klas II El Tari dan Pusat Agribisnis Politani Baumata. Di Stasiun Meteorologi Klas II El Tari, Mahasiswa diterima langsung oleh Kepala stasiun Bapak Syafii, beserta kepala bagian data dan pengelolaan Bapak Syaiful Hadi. Di sana para mahasiswa mendapat informasi mengenai berbagai instrumentasi pengukur cuaca, metode forecasting (peramalan cuaca) dan pembacaan data iklim.




Sementara di pusat agribisnis baumata, mahasiswa disambut oleh pengelola kebun yang juga adalah dosen pada jurusan TPH, Bapak Zainal Arifin dan Bapak Mochammad Hasan. Keduanya secara bergantian memberikan informasi mengenai pengelolaan kebun sejak tahun 2004. Mahasiswa mendapat banyak sekali informasi melalui wawancara terhadap kedua narasumber tersebut dan melalui pengamatan mengenai sistem budidaya tanaman dan pengelolaan ternak. Selanjutnya mahasiswa melakukan penelusuran jalur irigasi dan penghitungan debit air irigasi menggunakan metode pelampung.





Kegiatan karya wisata ini merupakan kegiatan rutin yang di adakan setiap semester, dimana akan diadakan dalam dua gelombang. Kegiatan ini diikuti 18 mahasiswa dari 21 mahasiswa yang terdaftar di semester II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar